Skip to content

19/07/2021 News

INI CARA YANG BENAR MEMBUANG OLI BEKAS

Sudah seharusnya pemilik kendaraan bermotor mengganti oli secara berkala sesuai anjuran pabrikan yang tertera pada buku manual. Setidaknya, mengganti oli secara berkala dapat menjaga komponen mesin lebih baik karena menjadi bersih dan bebas endapan, mempertahankan performa kendaraan dengan baik, serta membuat komponen dalam mesin lebih awet dan tahan lama. Tapi jika Anda mengganti oli mesin sendiri, sebaiknya jangan membuangnya sembarangan. Kenapa?

Oli bekas diklasifikasikan sebagai limbah berbahaya, karena jika sudah dipakai pada kendaraan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan, lantaran kandungan cairan ini beracun dan memiliki logam berat. Selain itu, oli bekas tidak mudah larut dengan tanah dan butuh waktu lama untuk terurai, alhasil dapat mencemari air dan tanah, sehingga akan mengotori saluran air.

Cara membuang oli yang benar

Jika Anda ingin menguras oli mobil atau sepeda motor, sebaiknya cari informasi serta pelajari panduannya dengan baik dan benar. Nah, saat menguras oli, sebaiknya sediakan wadah seperti panci, ember, atau kaleng kosong, kemudian letakkan tepat di bawah saluran pembuangan oli mesin.

Setelah oli tertampung dengan aman, Anda dapat membuangnya dengan membawa cairan oli bekas serta filter oli lama ke fasilitas pembuangan atau daur ulang oli terdekat. Untuk mencari fasilitas pembuangan oli bisa cari informasi di internet.

Cara membersihkan oli mobil

Jika Anda secara tidak sengaja menumpahkan oli mobil atau sepeda motor, yang harus dilakukan adalah segera membersihkannya agar tidak mencemari properti atau lingkungan sekitar. Ada beberapa cara untuk membersihkan oli mobil bekas seperti berikut ini:

1. Cari sumber kebocoran oli dan usahakan langsung ditutup agar tumpahan oli tidak semakin banyak

2. Sebaiknya gunakan spill kit atau perangkat khusus untuk menyerap oli

BACA JUGA: 6 LANGKAH CARA MENGGANTI OLI MESIN SENDIRI DI RUMAH

3. Jika Anda tidak memiliki spill kit, gunakan pasir, atau tanah, atau juga bisa menggunakan kain dan handuk

4. Jangan gunakan deterjen atau produk pembersih, karena dapat bereaksi dengan minyak dan membentuk polutan yang lebih berbahaya

5. Tumpahan yang sudah dibersihkan tersebut harus dibuang dengan aman di fasilitas pembuangan oli atau daur ulang

Cara membersihkan tumpahan oli di aspal

Jika Anda mengalami kebocoran kecil saat hendak masuk ke dalam rumah atau melihat adanya oli tercecer di jalanan dekat rumah, sebaiknya segera dibersihkan. Lakukan beberapa langkah sebagai berikut:

1. Bersihkan semua oli dari permukaan dengan kain atau handuk

2. Oleskan sedikit sabun cuci piring, pembersih oven, atau soda kue ke noda dan bersihkan dengan kuas

3. Tunggu selama 30 menit

4. Taruh sedikit air pada noda dan segera rendam larutan dengan kain atau handuk - noda harus dibersihkan

5. Buang handuk ke fasilitas pembuangan atau daur ulang oli

Tumpahan oli harus selalu dibersihkan, dan dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan aspal bersih dan lingkungan aman dari kotoran oli.

ARTIKEL TERKAIT: